MIN 3 Magetan

Jalan Sulawesi No 15 Magetan

Berakhlakul Karimah, Berprestasi, Berwawasan Lingkungan

PROGRAM UNGGULAN

Senin, 05 Februari 2018 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 2275 Kali

1. Program Tahfidz Juz 30

Program ini diwujudkan dalam bentuk Mata Pelajaran Muatan Lembaga berupa Tahfidz yang dimasukkan dalam jadwal KBM sehari hari yang harus diikuti oleh seluruh siswa. Disamping itu juga dilaksanakan dalam bentuk kegiatan ekstra kurikuler.

MIN 3 Magetan -Program Tahfidz Juz 30

 

 

2. Everyday with Qur’an

Tiada hari tanpa Al Qur’an. Kalimat inilah yang dapat menggambarkan program ini. Para siswa ditanamkan untuk mencintai al Qur’an sebagai pedoman hidup dengan dibiasakan untuk membaca al Qur’an setiap hari. Bagi siswa kelas I – V, kegiatan ini dilakukan dengan adanya program Baca Tulis Al Qur’an (BTA) dengan Metode An Nuur. Dan Juga diimplementasikan dengan kegiatan rutinitas  tadarus Al Qur’an 5 menit sebelum pelajaran di mulai pada jam I.

 

 

3. Olimpiad Trainning Center

Menjadikan mata pelajaran muatan lembaga berupa Olimpiade Matematika dan IPA adalah bentuk implementasi program ini. Siswa dapat memilih sesuai dengan potensinya antara olimpiade Matematiaka dan IPA. Disamping itu juga diwujudkan dalam kegiatan ekstra kurikuler

Olimpiad Trainning Center

 

 

4. Pengembangan Emotional, Spiritual dan Social Quotient

Program ini diwujudkan dalam berbagai kegiatan penunjang seperti : Filed Trip, Gardening, Carreer Day, Business Day, Cooking Day, Renang dan Outbond

 

 

 

 

5. Penguatan Budaya Madrasah

Mengingat Aqidah dan akhlaq merupakan identias bagi seorang muslim, MIN 3 MAGETAN Magetanselalu berupaya dalam setiap kegiatan baik di dalam kelas maupun di luar kelas, menanmkan aqidah Islamiyah dan akhlaqul karimah dalam diri siswa.

Program ini antara lain dituangkan dalam program penguatan budaya madrasah dengan perumusan , implementasi budaya madrasah yang diiringi dengan monitoring dan evaluasi secara berkelanjutan. Dengan program ini diharapkan siswa MIN 3 MAGETAN memiliki akhlaqul karimah dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

6. Pemantauan sholat 5 waktu

Sholat merupakan tiang agama. Sholat merupakan amal ibadah yang ditanya pertama kali saat di pengadilan akhirat kelak. Berangkat dari ajaran ini, sholat mendapat perhatian serius di MIN Demangan. Setiap siswa dibekali dengan buku pemantauan sholat lima waktu yang harus diisi oleh para siswa dan orang tua di rumah, dalam rangka memberi kesadaran penuh terhadap siswa bahwa sholat adalah amal ibadah yang tidak boleh diabaikan dalam situasi dan kondisi apapun.

 

 

7. Pengembangan Bakat dan Minat Siswa melalui  UPBMS.

Masing-masing individu dari manusia sudah dibekali dengan kelebihan. Kelabihan ini dapat berwujud kemampuan akademis maupun bidang non akademis yang meliputi bidang olah raga dan seni.  Berangkat dari kerangka berpikir ini, MIN 3 MAGETAN memberikan wadah kepada setiap siswa untuk mengenali potensi diri sejak dini sekaligus memberikan stimulan untuk mengembangkannya secara optimal. Wadah ini diwujudkan dengan memberikan kegiatan pengembangan diri / ekstra kurikuler yang terdiri dari bidang akademis dan non akademis.

 

 

8. Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan.

Pada hakikatnya setiap diri siswa dibekali dengan potensi diri dan kemampuan untuk mengembangkannya. Oleh karena itu, MIN 3 MAGETAN menerapkan strategi pembelajaran Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan, atau yang lebih dikenal dengan istilah PAKEM. Dengan strategi ini, para guru dituntut untuk memberikan pembelajaran yang mengkondisikan para siswa untuk berperan aktif dalam mengembangkan kemampuan diri serta diwujudkan dalam suasana pembelajaran yang menyenangkan, sehinga siswa akan lebih bergairah di dalam proses pembelajaran.

 

 

 

KOMENTARI TULISAN INI

...

Dra. Sekar Mlati

  Assalammu'alaikum Wr. Wb. Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT yang atas berkat, rahmat dan hidayah-Nya kami bisa…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah Website MIN 3 Magetan selalu up date seputar informasi kegiatan madrasah ?

LIHAT HASIL